Load more

Ketentuan Penggunaan

Kepada para pembaca dan pengunjung portal informasi dan berita Faktaglobal.com, Anda harus memahami persyaratan yang ditetapkan Faktaglobal.com berikut ini. 

Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Dengan mengakses dan menggunakan Faktaglobal.com, Anda telah memahami bahwa:

Anda tidak diperkenankan menyalin, memproduksi ulang, mempublikasikan, menyebarluaskan secara utuh materi yang disajikan situs ini, baik berupa berita, informasi, data, gambar, foto dan logo, dengan cara apapun dan/atau melalui media apapun, kecuali untuk digunakan sendiri dan tidak bersifat komersial. Setiap penggunaan selain yang telah diperkenankan harus mendapatkan persetujuan tertulis dari
Faktaglobal.com.

Perlu diketahui bahwa berita dan foto serta tulisan yang ada pada setiap konten di
Faktaglobal.com berasal dari redaksi dan berbagai sumber lain, termasuk media nasional maupun internasional.

Faktaglobal.com juga menyadur dan mengambil kutipan dari berbagai website lainnya, dan juga terkadang menyadur dari situs-situs nasional dan internasional terpercaya dengan mencantumkan sumbernya. Hak cipta tulisan yang dikutip berada pada penulis. Konten berita diluar tanggung jawab Faktaglobal.com.

Ada kalanya berita
Faktaglobal.com menyediakan link ke situs lain, link tersebut tidak menunjukan bahwa Faktaglobal.com menyetujui situs pihak lain tersebut. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Faktaglobal.com tidak bertanggung jawab atas isi atau materi lainnya yang ada pada situs pihak lain tersebut.

Setiap materi yang diambil dari
Faktaglobal.com oleh Pengguna wajib memberi kredit kepada Faktaglobal.com dengan mencantumkan logo dan/atau menulis Faktaglobal.com serta memberi link ke halaman. Pada setiap materi yang digunakan, menggunakan logo Faktaglobal.com dan diberi link menuju: https://www.faktaglobal.com.

Pengguna setuju untuk mengganti kerugian termasuk biaya pengacara dan membebaskan
Faktaglobal.com atas setiap tuntutan dan gugatan oleh pihak ketiga akibat dari kelalaian Pengguna atas materi data-data informasi yang diberikan/diisikan/diupload pada setiap layanan Faktaglobal.com.

Pengguna setuju untuk tidak mereproduksi, membuat duplikat, menyalin, menjual, memperdagangkan, menjual kembali, atau memanfaatkan untuk tujuan komersial atas seluruh materi yang terdapat dalam layanan
Faktaglobal.com, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Faktaglobal.com.

Situs ini tidak boleh digunakan untuk tujuan-tujuan yang melanggar hukum, norma dan hak-hak asasi manusia. Jika ada pihak yang merasa kurang berkenan dengan konten web
Faktaglobal.com silahkan ajukan permintaan untuk dihapus, hubungi Kami di menu kontak.

Faktaglobal.com berhak menyunting atau menghapus isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi dan sentimen suku, agama dan ras.

Syarat-syarat di atas dapat berubah sewaktu-waktu apabila diperlukan. Anda disarankan untuk memeriksa halaman ini secara berkala agar perubahannya dapat Anda ketahui. 


Faktaglobal.com berhak untuk menambah atau mengurangi peraturan dan/atau menambah syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

PELANGGARAN DARI KETENTUAN INI AKAN MENGAKIBATKAN SANKSI PIDANA DAN PERDATA KEPADA PENGGUNA SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU.

PENGGUNA LAYANAN DENGAN INI MEMBEBASKAN
Faktaglobal.com ATAS SEGALA TUNTUTAN DAN ATAU GUGATAN DALAM BENTUK APAPUN YANG BERKAITAN DENGAN ISI INFORMASI YANG DIMUAT DAN/ATAU DIBERIKAN PADA SETIAP LAYANAN Faktaglobal.com.

Pedoman
Faktaglobal.com:

Kebebasan pers dan hak publik untuk mengolah informasi dijamin oleh UU Pers No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Konstitusi. UU Pers ini bersifat lex specialis (hukum khusus) terhadap Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) dan juga terhadap Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Sehingga dalam hal terdapat suatu permasalahan yang berkaitan dengan pemberitaan pers, peraturan perundang-undangan yang digunakan adalah UU Pers.

UU Pers sendiri memuat mekanisme yang mengatur tentang hak masyarakat untuk mengembangkan kemerdekaan pers dan menjamin hak untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Hak ini secara khusus diatur dalam Pasal 17, Pasal 1 angka 11, 12, dan 13, dan Pasal 15 ayat (2) huruf (d).

Untuk itu, Faktaglobal.com berpedoman pada pasal 1 angka 13 UU Pers, mekanisme penyelesaian sengketa pers. Beberapa mekanisme penyelesaian sengketa pers yang diatur dalam UU Pers adalah:

1. Penggunaan Hak Jawab
2. Penggunaan Hak Koreksi
3. Penggunaan Kewajiban Koreksi
4. Penggunaan Hak Tolak

Implementasi dari ketiga hak tersebut, tertuang dalam pasal 2 ayat (2) dan (3) UU pers, bahwa Pers wajib melayani hak jawab dan Pers juga wajib melayani hak tolak. Hak tolak ini juga diperkuat di pasal 4 ayat (4) yang menegaskan, bahwa dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum, wartawan mempunyai hak tolak.

Beberapa peraturan yang menjamin kebebasan pers yang menjadi acuan Faktaglobal.com adalah:

1. Pasal 28 F UUD Republik Indonesia Tahun 1945 Perubahan II
2. Pasal 20 dan 21 TAP MPR RI XVII/MPR/1998 tentang Piagam HAM
3. Pasal 14 UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM
4. UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers
5. UU No 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan International Covenant on Civil and Political Rights

Hubungi Kami

Anda bisa menghubungi redaksi terkait yang berhubungan dengan aturan penggunaan website
Faktaglobal.com ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui menu kontak, atau kunjungi fanspage kami di sejumlah media sosial.

Contact Information

Our Location
Jalan Jatipadang Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Phone Number
+84 935 815 989
+84 935 815 989

Email Adress
faktaglobal.web@gmail.com

redaksifaktaglobal@gmail.com