Load more

13 Bahaya Mie Instan bagi Kesehatan Manusia

Shares ShareTweet
Mie instan, makanan cepat saji yang menjadi favorit kebanyakan orang, berpotensi menjadi faktor pemicu timbulnya penyakit berbahaya bagi manusia. (Gambar: Youtube)
Mengonsumsi mie instan terlalu sering tidak baik untuk kesehatan, mengapa? Karena mie instan mengandung banyak bahan kimia dan pengawet, yang jika terlalu sering dikonsumsi akan menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh kita.

Mi instan memang bisa meredam rasa lapar secara praktis, tapi makanan cepat saji ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi dengan bumbu buatan dan pengawet kimia, yang semakin membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut beberapa bahaya makan mie instan terhadap kesehatan tubuh bila terlalu sering menyantap mie instan:

1. Mengganggu sistem pencernaan

Mie instan sangat nikmat untuk dimakan, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Namun, jika kamu terlalu sering mengonsumsinya dapat berdampak buruk lho bagi pencernaan kamu, mengapa? Karena mie instan dapat menghambat nutrisi untuk masuk ke dalam tubuh, akibatnya pencernaan akan menjadi terganggu.

Agar pencernaan dapat berjalan dengan baik, memerlukan bantuan mineral dan nutrisi yang banyak. Nah, akibat terganggunya pencernaan ini, akan membuat kamu beresiko mengalami sembelit, kembung, dan usus bocor.

2. Memicu kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan no 1 di dunia, yang tentunya ditakuti oleh banyak orang. Namun, jika kamu terlalu sering makan mie instan, kamu akan beresiko lebih besar lho terkena kanker. Bahan-bahan kimia dan pengawet yang ada pada mie instan dapat memicu sel kanker menjadi aktif.

3. Obesitas

Terlalu sering mengonsumsi mie instan dapat menyebabkan kamu terkena obesitas lho, mengapa? Karena mie instan mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Selain itu, makan mie instan hanya akan memberikan efek kenyang yang bersifat sementara saja.

Padahal, kandungan lemak, kalori dan karbohidratnya yang ada pada mie instan sudah banyak. Akibat dari efek rasa lapar ini akan membuat kamu cenderung makan lebih banyak dari biasanya.

4. Meningkatkan kolestrol

Kandungan garam yang tinggi pada mie instan dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh. Terlalu sering mengonsumsi mie instan akan membuat kamu rentan terkena kolestrol.

5. Menyebabkan keguguran pada ibu hamil

Buat para ibu hamil sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan karena dapat membahayakan kandungan, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Kandungan natrium yang ada pada mie instan dapat membuat ibu hamil terkena hipertensi (darah tinggi).


Akibat dari hipertensi ini akan menyebabkan ibu hamil rentan terkena penyakit komplikasi kehamilan yang tentunya akan membahayakan keselamatan ibu dan janinnya.

Selain itu, bahan kimia pada mie instan dapat menembus sampai ke dalam plasenta, yang nantinya akan membuat ibu hamil beresiko mengalami keguguran. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari terlalu sering makan mie instan, jika memang ingin sekali memakannya, disarankan untuk mengonsumsinya satu bulan sekali saja.

6. Gagal ginjal

Jika ingin ginjalmu tetap sehat, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan, mengapa? Karena mie instan mengandung zat yang berbahaya bagi ginjal, yaitu proplene glycol. Akibat zat berbahaya ini, kerja ginjal menjadi terganggu, sehingga mengakibatkan kamu terkena gagal ginjal.

7. Kerusakan hati

Terlalu sering makan mie instan juga dapat merusak organ hati kamu lho, mengapa? Karena bahan anti beku yang ada dalam mie instan yang dikenal dengan nama Humektan, sangat berpotensi membuat organ hati kamu menjadi rusak.

Kandungan Humektan ini berfungsi untuk mie cepat mengering, namun jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan merusak organ hati dan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu.

8. Chinese restaurant syndrome

Bahaya makan mie instan yang satu ini lebih mirip keracunan, hal ini disebabkan oleh MSG yang terdapat pada bumbu mie instan. Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan MSG, lalu kemudian merasa pusing dan sesak napas. Namun penyakit ini tidak terlalu fatal, karena akan sembuh setelah 2-3 jam kemudian.

9. Kerusakan jaringan otak

Mengonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Efek terlalu sering makan mie instan kemungkinan akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak.


Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

10. MSG

Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mie, sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka bahaya makan mie akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

11. Tinggi natrium

Mie instan juga mengandung sejumlah natrium yang tinggi, kelebihan konsumsi natrium bisa menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindarilah bahaya mie instan dengan tidak berlebihan mengonsumsi mie.

12. Junk food

Mie instan hanya dianggap sebagai junk food dan tidak dapat menggantikan makanan bernutrisi, hal ini karena mie instan mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak mengandung vitamin, mineral atau serat. Mie instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Karena padat kalori, bahaya mie instan berdampak negatif pada kesehatan bila terlalu sering makan mie instan.

13. Kerusakan organ

Mie instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapan. Bila sering makan mie instan, tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Efek makan mie instan menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah ulasan tentang tujuh bahaya yang akan menyerangmu jika terlalu sering makan mie instan, sebaiknya kurangi mengonsumsi mie instan terlalu sering dan terlalu banyak, karena jika dibiarkan akan berakibat fatal bagi kesehatan kamu.(fg)

Sumber:
https://www.idntimes.com/health/fitness/eliza/bahaya-sering-makan-mie-instan-c1c2/full

Tags

Shares ShareTweet
advertisement iklan

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Editor Picks