Load more

Kebanyakan Tidur di Hari Libur Bisa Percepat Kematian Anda

Shares ShareTweet
Sebuah penelitian menjelaskan bahwa tidur berlebihan di waktu libur dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)
“Membayarnya dengan tidur seharian di akhir pekan, justru akan semakin mengacaukan ritme sirkadian. Idealnya, semua orang harus bisa menjalankan jadwal tidur regular setiap hari, termasuk saat akhir pekan,”
Setiap orang terutama para pekerja, pegawai dan karyawan, tidak ada yang lebih ditunggu selain hari libur. 

Bahkan anak-anak sekolah maupun para pelajar juga sangat menantikan hari libur. Tentu saja, karena hari libur adalah waktunya bercengkrama dengan keluarga, pacar dan lain-lain, juga waktu untuk berwisata ke tempat yang kita inginkan. 

Di luar itu, libur juga sering dijadikan waktu yang tepat untuk tidur melepas lelah dan bermalas-malasan, setelah satu minggu sibuk dengan rutinitas kerja.

Namun, anda sepertinya harus mulai mengatur waktu tidur anda dimasa libur dan jangan terlalu berlebihan. Sebab, para peneliti Karolinska Institute di Swedia menyebut, tidur seharian di akhir pekan, justru berbahaya bagi kesehatan.

Seperti dilansir laman Independent, bermalas-malasan di tempat tidur seharian atau bangun tidur di siang hari, saat akhir pekan, akan membuat jadwal tubuh berantakan. Imbasnya, tubuh akan terasa lebih penat dan lelah di hari Senin. 


Tubuh yang tidak prima dan mengalami rasa lelah berkelanjutan, akan berdampak pada tidak stabil dan tidak seimbangnya sistem tubuh, dan dapat memicu berbagai macam penyakit lain.

“Itu semua dikarenakan ritme sirkadian tubuh. Jika Anda bangun lebih siang atau tidur lebih malam, ritme tersebut berubah berantakan dan membuat tubuh ada dalam kondisi jet-lag,” ujar Psikolog dan Pakar Tidur Susanna Jernelov, saat diwawancara The Local.

Penyakit lebih para bisa muncul jika waktu tidur malam hari selama satu minggu, lebih sedikit dibandingkan dengan waktu tidur di siang hari.

“Membayarnya dengan tidur seharian di akhir pekan, justru akan semakin mengacaukan ritme sirkadian. Idealnya, semua orang harus bisa menjalankan jadwal tidur regular setiap hari, termasuk saat akhir pekan,” papar dia.

Rutinitas kerja yang sangat padat menjadikan para pekerja sulit menemukan jam istirahat yang baik, akibatnya waktu libur yang sering dijadikan ajang "balas dendam" untuk menebus kurangnya waktu tidur pada hari-hari sebelumnya. (Foto: Istimewa)
 Penemuan Jernelov dikonfirmasi oleh peneliti tidur dari University of Bergen, Norwegia, Bjorn Bjorvat

“Untuk mendapatkan ritme sirkadian yang ideal, Anda harus bangun dan tidur di jam yang sama setiap hari. Jangan tidur telat di akhir pekan dan jangan tidur seharian saat libur,” kata Bjorvatn.

Tidur seharian di akhir pekan, sebelumnya juga sudah mendapatkan beberapa kritik. Tahun lalu, studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, mengaitkan tidur seharian di akhir pekan dengan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Peneliti menemukan adanya hubungan antara pola tidur yang selalu berubah, dengan peningkatan gula dan lemak jahat dalam darah. Mereka yang tidak punya pola tidur tetap juga berisiko mengalami kenaikan berat badan, bahkan obesitas. 


Berbagai macam penyakit berat dan berbahaya akibat cara dan kualitas tidur yang tidak baik, pada akhirnya dapat memperpendek usia manusia dan mempercepat kematian tanpa disadari, jika kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan.

Nah, dari informasi penelitian di atas, sudah saatnya anda harus mulai mengendalikan waktu tidur dengan baik dan sehat. Jangan jadikan hari libur sebagai ajang "balas dendam" untuk menebus waktu tidur anda di hari lain yang dirasa kurang akibat rutinitas kerja. 


Ingat, segala sesuatu yang berlebihan, itu sangat tidak baik, magaimanapun kondisinya, bahkan untuk tidur sekalipun.

Berikan tubuh anda keseimbangan antara istirahat, olahraga dan berlibur bersama keluarga, agar penyakit dapat dihindari, kesehatan anda dan keluarga pun akan semakin baik.(ghn)

Sumber: Independent / CNN

Tags

Shares ShareTweet
advertisement iklan

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Editor Picks